Pages

Minggu, 24 Februari 2013

Penyakit Ginjal

Ginjal adalah organ vital penting selain jantung yang harus dijaga. Jika terabaikan, fungsi ginjal tidak akan berfungsi dengan baik dan akan fatal akibatnya.

Ginjal adalah salah satu organ dalam sistem pencernaan yang berfungsi membersihkan tubuh, termasuk bagian arteri. Banyak kasus yang menyebabkan ginjal seseorang mengalami masalah. Mulai dari faktor genetik, kurangnya asupan air, hingga pola makan yang buruk. Yang patut diwaspadai, sakit ginjal sering tak bergejala.

Oleh karena itu, untuk menghindari sakit pada ginjal Anda, sebaiknya lakukan beberapa langkah sederhana ini:

1. Air Putih
Anjuran minum delapan liter air mineral sehari bukanlah omong kosong. Selain untuk menjaga tubuh agar tetap terdihadrasi, air putih juga sangat baik untuk menjaga ginjal. Mengutip dari laman Swansinvitamins.com, dehidrasi dapat meningkatkan risiko ginjal hingga 20 persen.

2. Yoghurt

Yoghurt ternyata memiliki kalsium yang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Pasalnya, banyak orang yang tidak mengetahui jika awal dari gangguan ginjal ditandai dengan serangan hipertensi yang sering kumat. Cobalah untuk membiasakan mengkonsumsi yogurt tiap harinya untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan ginjal.

3. Kurangi Garam

Mengkonsumsi makanan yang terlalu asin menjadi pemicu berikutnya. Ini dikarenakan garam ekstra dalam diet akan mendorong kalsium ke dalam ginjal. Oleh karena itu, cobalah untuk mengganti bumbu kering atau perkuat rempah, sebagai pengganti rasa asin dari garam.

0 komentar:

Posting Komentar